Profil dan Biodata Gareth Evans, Sutradara Film The Raid

Home » Movies » Profil dan Biodata Gareth Evans, Sutradara Film The Raid

Gareth Evans, seorang sutradara film berbakat dan visioner, telah menggemparkan dunia film action dengan gayanya yang unik dan film-film inovatifnya, salah satunya film The Raid. Dari urutan seni bela diri yang mendebarkan hingga penceritaan yang intens, Evans telah memikat penonton di seluruh dunia. Dalam artikel ini, kita akan menguak siapakah Gareth Evans. Yuk simak dalam-dalam profil dan biodata Gareth Evans dan jelajahi karier sampai pencapaiannya, sorot pengaruhnya terhadap industri film dan mengapa dia menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan dalam industri perfilman internasional.

Gareth Evans, sutradara film The Raid
Gareth Evans saat menggarap film The Raid: Redemption

Profil Singkat Gareth Evans

Sutradara kawakan ini adalah kebangsaan Wales, Britania Raya. Lahir pada tahun 1980, ia menghabiskan masa kecilnya di kota Aberdare. Kecintaannya pada cinematography sudah mulai tumbuh saat kecil. Kegemarannya adalah menonton cuplikan-cuplikan video Bruce Lee. Hal inilah yang menjadi pengaruh kecintaan dia terhadap seni perfilman bergenre action, khususnya penutradaraan film yang mempertontonkan seni bela diri.

Beranjak dewasa, dia mengembangkan minat dalam pembuatan film sejak usia muda dan memupuk hasratnya untuk bercerita melalui berbagai kerja keras dalam dunia kreatif. Pada awalnya, dia bereksperimen dengan membuat film dan video pendek, mengasah kemampuannya sebagai pembuat film.

Evans, panggilan singkatnya, kuliah di University of Glamorgan, tempat dia belajar Media Production. Selama berkuliah, ia terus mengeksplorasi kecintaannya pada pembuatan film dan mulai mendapatkan pengalaman praktis di lapangan.

Setelah menyelesaikan studinya, lalu dia berkelana ke industri film dan awalnya mengerjakan film dokumenter dan proyek skala kecil. Namun, ketertarikannya pada seni bela diri Indonesia itulah yang akhirnya membawanya ke Indonesia dan membuka jalan menuju salah satu pencapaiannya yang paling signifikan.

Pada tahun 2009, Evans menulis dan menyutradarai film action bela diri “Merantau”, film Indonesia pertamanya, yang dibintangi oleh Iko Uwais. Film ini mendapat pujian positif dan memamerkan bakat Evans untuk membuat koreografi urutan action yang intens dan mendebarkan.

Filmnya tahun 2011 “The Raid: Redemption” (aslinya berjudul “Serbuan Maut”) dimana nama sutradara ini mulai mendapatkan pengakuan internasional. Film yang juga dibintangi oleh Iko Uwais ini menerima pujian luas atas serangkaian aksinya yang menakjubkan, pengambilan gambar yang inovatif, dan adegan pertempuran seni bela diri yang realistis.

Baca juga: Ulasan Film The Raid: Redemption

Menyusul kesuksesan “The Raid”, Evans menyutradarai “The Raid 2: Berandal” (2014), yang memperluas cakupan cerita dan semakin memantapkan reputasinya sebagai pembuat film action yang visioner.

Baca juga: Fakta Dibalik Pembuatan Film The Raid: Redemption

Kehidupan Gareth Evans Sekarang

Sutradara ternama ini sempat tinggal di Jakarta bersama istrinya, Maya, dan putri semata wayang mereka, sebelum dia dan keluarganya pindah kembali ke Wales pada tahun 2015.

Evans yang sekarang berumur 43 tahun telah menyelesaikan 6 film, 3 diantaranya adalah film yang berlatar di Indonesia, dengan kesemuanya mengusung tema pencak silat. Dia juga pernah menggarap film-film pendek dan 2 diantaranya ber-genre action. Beberapa film-film terbaru yang digarap Evans beberapa tahun terakhir antara lain: Apostle (2018), Havoc (2023) dan sebuah serial TV Gangs of London (2020).

Walaupun beberapa film besutan Gareth Evans telah menjulang di permukaan industri perfilman internasional, namun dikutip dari WalesOnline, dia mengungkapkan tidak ingin terbawa oleh hype.

Dia mengaku sudah merencanakan film The Raid 3, bahkan sudah ada ide dan cerita lengkapnya. Namun, dilansir dari Cinema Blend, Evans mengkandaskan rencana sekuel dari The Raid 2. Tidak dikatakan alasan konkritnya, namun yang pasti, sampai The Raid 2 saja dia sudah merasa cukup bahwa sampai disini Evans dan crew-nya mencapai puncak yang bisa diilang apik.

Baca juga: List Penghargaan Film The Raid

Biodata Gareth Evans

Nama lengkap: Gareth Huw Evans
Tempat & tanggal lahir: Hirwaun, Wales, 10 Januari 1980
Kebangsaan: Wales, Britania Raya
Zodiac: Capricorn
Domisili: Jakarta & Wales
Tinggi badan: 191 cm
Pendidkan: Master of Arts, Scriptwriting for Film and Television di University of Glamorgan (sekarang dikenal sebagai University of South Wales).
Akun Instagram: @ghuwevans

Terinspirasi oleh sosok sutradara ini? Siapa saja boleh menjadikan dia panutan, baik dalam mengejar mimpi maupun di kehidupan karir kita. Boleh loh klik tombol share untuk membagikan artikel Profil dan Biodata Gareth Evans ini dengan followers-mu via sosial media. Bisa juga tinggalkan komentar di kolom bawah.

Baca juga: Adegan Pencak Silat di Film Action The Raid

Sumber: Wales Online, Rotten Tomatoes, TMDB

Meet Author

Tinggalkan komentar