Adegan Pencak Silat di Film Action The Raid

Home » Movies » Adegan Pencak Silat di Film Action The Raid

Salah satu film action tanah air, The Raid berhasil sukses dan mencetak sejarah di industri perfilman Indonesia karena mampu membawa nama Indonesia ke dunia internasional. Film The Raid memberikan sensasi baru sebagai film lokal yang membawa nuansa industri film Hollywood dengan alur cerita yang ringan, tapi dipadu kekhasan seni bela diri tradisional pencak silat di dalamnya.

Adanya unsur pencak silat yang kental tersebut, film The Raid digadang-gadang menjadi suatu wadah untuk mempromosikan seni bela diri tanah air pencak silat ke internasional karena berhasil mencuri perhatian para pecinta film action di seluruh dunia.

Gareth Evans, sang sutradara, juga memang ingin mengenalkan pencak silat ini ke dunia internasional sebagai seni bela diri yang sudah melekat dengan budaya Indonesia. Walaupun begitu, film The Raid ternyata tidak seratus persen dalam menggambarkan pencak silat. Dikutip dari OSC (2020), hal ini dikarenakan perkembangan dunia perfilman di Indonesia sejak awal telah terjadi percampuran budaya dan ilmu pengetahuan.

Artikel ini akan membawamu mengenal lebih lanjut mengenai pencak silat di film The Raid dan di Indonesia itu sendiri.

Pengertian Pencak Silat

Pencak silat adalah warisan budaya tak benda yang ditetapkan oleh UNESCO melalui sidang ke-14 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage tahun 2019. Selain dikenal sebagai suatu budaya dan seni bela diri tradisional asli produk Indonesia, pencak silat juga telah dikenal di berbagai negara Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand dan Filipina dengan perbedaan istilah dalam penyebutannya.

Berdasarkan KBBI, pencak silat terdiri dari dua kata yaitu Pencak yang berarti permainan atau keahlian untuk mempertahankan diri dengan kepandaian menangkis, dan Silat yang berarti kepandaian berkelahi. Di Indonesia, pencak silat dikenal sebagai hasil budaya Indonesia dan pengembangan dari bela diri alami dari nenek moyang. Pencak silat digunakan tidak hanya untuk membela, tetapi juga untuk mempertahankan eksistensi dan integritasnya di lingkungan hidup sekitar. Seiring pengembangannya di Indonesia, pencak silat juga dikenal menjadi sebuah seni bela diri yang memiliki jurus yang khas dengan gerakan tubuh yang indah.

Terdapat berbagai tujuan dari belajar dan melestarikan pencak silat di Indonesia yaitu seperti yang dilansir oleh Deepublish, untuk mengembangkan pendidikan mental dan spiritual, aspek bela diri, aspek seni, pengembangan olahraga serta pendidikan.

Baca juga : Seluruh penghargaan film The Raid

Pencak Silat di dalam Film The Raid

Rama dan Mad Dog beradegan pencak silat
Adegan action pencak silat diperagakan Mad Dog dan Rama

Sebagai nilai budaya yang dijual di kalangan masyarakat, pencak silat menjadi sorotan utama di dalam film The Raid yang mengangkat konsep perlawanan dalam pemberantasan narkotika oleh aparat keamanan dengan pencak silat. Tidak bisa dipungkiri bahwa sorotan utama ini berhasil menarik perhatian dunia, selain dipadu dengan kemampuan akting para pemainnya, hal ini juga didukung dengan pengambilan gambar serta penyusunan koreografi bela diri yang memukau.

Walaupun film The Raid mengusung unsur seni bela diri pencak silat, hasil penelitian menunjukan bahwa tidak seratus persen film The Raid menggambarkan pencak silat. Hal itu ditunjukkan dari scene di dalamnya yang memperlihatkan bahwa hanya dua aktor saja yang menggunakan teknik pencak silat dalam adegan perkelahiannya, sedangkan aktor lainnya tidak menggunakan hal tersebut. Selain itu, film ini disutradarai oleh Gareth Evans yang merupakan sutradara dari luar Indonesia, sehingga konsep filmnya berbeda dengan film-film di Indonesia dan memiliki unsur-unsur di industri perfilman Hollywood. Hal ini dirujuk dari adegan-adegan perkelahian pencak silat yang memperlihatkan hanya dari aspek bela diri, tetapi tidak terlalu menyoroti nilai-nilai estetis dari pencak silat yaitu keterampilan dan keindahan dari gerakan pencak silat. Berikut adalah beberapa adegan yang memperlihatkan nilai-nilai penting pencak silat di dalam film The Raid.

  • Adegan yang memperlihatkan tokoh Rama bangun pukul 4 pagi untuk menjalankan ibadah dan olahraga serta berpamitan dengan keluarganya sebelum menjalankan tugasnya dengan menggunakan seragam keamanannya. Hal ini memperlihatkan nilai pencak silat yaitu sikap taqwa dan nilai tanggap yaitu kepekaan, kepedulian dan kesiapan diri dalam memenuhi tugasnya. Nilai ini juga diperlihatkan di bagian adegan tokoh Rama menolong Bowo dengan memapahnya yang secara tidak langsung mencerminkan falsafah Budi Pekerti Luhur. Hal ini juga sesuai dengan definisi dari pencak silat yang merupakan budaya untuk membela, mempertahankan eksistensi serta integritas guna mencapai keselarasan hidup dalam meningkatkan iman dan taqwa terhadap Tuhan YME.
  • Adegan yang memperlihatkan tokoh Rama menggunakan tongkat dan pisau untuk melumpuhkan lawan, selain menggunakan jurus-jurus pencak silat. Properti senjata yang digunakan ini merupakan senjata implemental pencak silat, dimana pencak silat tidak hanya menggunakan teknik-teknik yang dilakukan dengan tangan kosong tetapi juga dapat menggunakan senjata jenis tertentu.

Baca juga : Sinopsis dan Fun Fact Film The Raid

Teknik Pencak Silat di Film The Raid

Beberapa teknik pencak silat divisualisasikan dalam film The Raid, termasuk adegan di mana tokoh Mad Dog selalu melakukan pengambilan napas panjang terlebih dahulu sebelum dan sesudah penyerangan. Selain itu, terlihat juga teknik perlawanan oleh tokoh Rama yang menggunakan tangan kosong dengan gerakan khas pencak silat untuk menyerang bagian vital seperti kepala, dada, leher dan pangkal kaki, serta pergerakkan pergelangan dan jari tangan untuk menangkis serangan lawan. Tidak lupa dengan adegan tokoh Rama yang melakukan penyerangan dengan menggunakan kaki, yang disebut juga dengan teknik belaan yaitu teknik yang melakukan pertahanan untuk melumpuhkan lawan. Dilansir dari OSC (2020), teknik pencak silat di adegan film The Raid ini memperlihatkan teknik belaan egosan, redaman dan tangkisan.

Melihat langsung adegan pencak silat di film The Raid memang sulit untuk membedakannya bagi pecinta film action yang masih awam tentang pencak silat, terutama dalam membedakan adegan mana saja yang merupakan gerakan pencak silat atau tidak sama sekali. Oleh karena itu, perlu diketahui sejumlah teknik dasar dari pencak silat yang umumnya mengandalkan kekuatan kaki dan tangan, agar lebih sedikit memahami gerakan-gerakan pencak silat yang terjadi dalam film The Raid ini. Adapun 10 teknik dasar dari pencak silat yaitu sebagai berikut.

  1. Teknik kuda-kuda
  2. Teknik sikap pasang
  3. Teknik tendangan
  4. Teknik tangkisan
  5. Teknik pola langkah
  6. Teknik arah
  7. Teknik pukulan
  8. Teknik kuncian
  9. Teknik guntingan
  10. Teknik berbaring

Aplikasi Unsur Pencak Silat dalam Film The Raid

Sudah disebutkan di sub-bab sebelumnya, bahwa film The Raid tidak memvisualisasikan seratus persen pencak silat. Akan tetapi, film The Raid telah menyajikan dan memperlihatkan beberapa unsur dari pencak silat di bagian-bagian tertentu yang bisa saja penonton melewatkan hal tersebut. Unsur yang paling ditonjolkan dalam film ini adalah unsur bela diri. Unsur ini adalah untuk mempertahankan diri dari ancaman yang datang, bukan suatu teknik untuk menantang, seperti halnya sejarah dari pencak silat yang merupakan hasil dari kemampuan bertahan hidup dan menghadapi tantangan alam. Berikut 4 unsur pencak silat lainnya yang perlu kamu ketahui.

  1. Unsur olahraga
  2. Unsur persaudaraan
  3. Unsur pendidikan mental atau kerohanian
  4. Unsur kesenian

Baca juga: Fakta Dibalik Proses Pembuatan Film The Raid: Redemption

Sekarang kamu sudah tahu bahwa film The Raid bertujuan tidak hanya untuk memperlihatkan aksi yang seru dan menegangkan serta untuk menghibur para pecinta film action, tetapi film ini juga telah dikemas secara komprehensif dalam menggambarkan nilai-nilai dari seni bela diri pencak silat di Indonesia. Setelah mengetahui fakta-fakta ini, bagaimana pendapatmu sekarang tentang film The Raid? Apakah semakin terpesona? Kamu bisa menceritakan kesanmu di bagian komentar dan bagikan ke teman-temanmu melalui media sosial.

Sumber : OSC, Gramedia, Deepublish

Meet Author

Satu pemikiran pada “Adegan Pencak Silat di Film Action The Raid”

  1. […] The Raid: Redemption adalah film aksi yang seru, menegangkan, dan menghibur. Film ini dikemas dengan adegan perkelahian yang luar biasa dan aksi yang menegangkan. Jika kamu menyukai film action, maka film ini wajib masuk daftar tontonan kamu. Baca juga artikel-artikel berikut: List Penghargaan Film The Raid, Fakta Dibalik Film The Raid, & Adegan Pencak Silat di Film Action The Raid. […]

    Balas

Tinggalkan komentar