Serupa Tapi Tak Sama, Film Gundala dan Superhero Luar Yang “Katanya” Memiliki Kemiripan Kemampuan

Home » Movies » Serupa Tapi Tak Sama, Film Gundala dan Superhero Luar Yang “Katanya” Memiliki Kemiripan Kemampuan

Layaknya The Flash yang memiliki kemampuan berlari cepat, Indonesia juga memiliki pahlawan super dan kisahnya sudah diangkat ke layar lebar loh! Tahun 2019 lalu menjadi tahun ditayangkannya film Gundala di bioskop seluruh Indonesia. Menuai sukses besar film yang diadaptasi dari karya komikus Indonesia, Harya Suraminata atau kerap dipanggil sebagai Hasmi sempat menjadi perbincangan dikalangan masyarakat Indonesia. Pasalnya tokoh pahlawan super satu ini menurut beberapa orang memiliki kemampuan yang hampir sama dengan tokoh pahlawan super buatan DC Comics.

Gundala memiliki nama asli Sancaka, nama tersebut Ia gunakan ketika sedang menumpas kejahatan. Sempat digadang-gadang menjadi karya adaptasi dari tokoh pahlawan super luar negeri, Marvel dan DC comics ternyata Hasmi sendiri  membuat karakter tokoh Gundala terinspirasi dari tokoh legenda jawa, Ki Ageng Selo. Dengan sentuhan kearifan lokal Hasmi menciptakan Gundala layaknya Ki Ageng Selo, sebagai sosok sakti yang memiliki kemampuan untuk mengeluarkan petir dan berlari cepat.

Visualisasi dari Gundala, The Flash, dan Thor

Kemampuan Berlari Cepat

Nama Gundala sendiri berasal dari Bahasa jawa “Gundolo” yang berarti petir, namun bisa juga diartikan sebagai cuping atau hiasan telinga wayang. Oleh sebab itu ketika melihat kostum Gundala terdapat cuping dibagian telinganya. Kostum yang digunakan  mengingatkan akan kostum salah satu tokoh superhero besutan DC Comics, The Flash. Jika dilihat sekilas kemampuan yang dimiliki pun terlihat sama, yaitu sama-sama mampu berlari cepat.

Namun jika ditelaah kembali kemampuan yang didapat Gundala ketika berlari cepat berasal dari Raja Taifun Kerajaan Bayu. Gundala mampu berlari sejauh 300 km/jam sedangkan The Flash sendiri mampu berlari berpindah tempat hingga menembus waktu. Kedua hal tersebut sangat berbeda, jika dibandingkan kemampuan The Flash masih jauh lebih mumpuni dibandingkan dengan tokoh Gundala. Jadi menurut kalian apakah hal tersebut masih bisa disamakan?

Kemampuan Mengeluarkan Petir Dari Tangannya

 Gundala juga memiliki kemampuan hebat lainnya berupa mampu mengeluarkan petir dari kedua tangannya. Tokoh superhero buatan Marvel, Thor juga memiliki kemampuan yang hampir serupa. Dimana Ia mampu mengeluarkan petir dengan bantuan alatnya, palu. Gundala sendiri mampu mengeluarkan petir langsung dari tangannya tanpa membutuhkan bantuan alat. Tak hanya petir, Ia juga mampu mengeluarkan berbagai intensitas dari tangannya; memiliki tinju petir.

Selain itu tokoh Thor diciptakan sebagai sosok dewa petir yang sering menjadi ujung tombak anggota Avengers. Sedangkan Gundala merupakan sosok manusia biasa yang diberikan kekuatan lebih dibanding manusia pada umumnya untuk membantu menumpas kejahatan yang terjadi di masyarakat. Sangat berbeda bukan? sebagai film yang bertemakan pahlawan super tentunya adegan laga menjadi salah satu adegan yang krusial. Gundala cukup banyak menampilkan adegan perkelahian yang apik. Layaknya film superhero yang dibuat oleh Marvel Studios ataupun DC Entertaiment, Gundala juga patut untuk diperhitungkan sebagai salah satu tontonan.

Nah itulah perbedaan yang dimiliki tokoh Gundala dengan tokoh Superhero asal barat. Sebagai salah satu film yang mengandung banyak nilai humanis dan patriotik didalamnya . Gundala menjadi awal pembuka bagi film dengan tema serupa, Gundala merupakan film patriot pertama yang diluncurkan oleh Bumilangit Studios, Screenplay Films  bekerjasama dengan Legacy Pictures and Ideasource Entertaiment.

sumber : Antara News, Wikipedia, Bumilangit.com

Meet Author

Tinggalkan komentar