7 Karya yang Terinspirasi Film The Raid

Home » Movies » 7 Karya yang Terinspirasi Film The Raid
Poster film the raid redemption

Film The Raid merupakan salah satu film action terbaik, bukan hanya di Indonesia tapi juga di dunia internasional. Bahkan film ini masuk di peringkat 40 dalam list 50 film action terbaik sepanjang masa yang ditulis oleh Variety.com, website asal Amerika Serikat yang merupakan sumber berita bisnis hiburan yang paling otoritatif dan tepercaya, diakui dan dihormati di seluruh dunia. Tidak heran jika banyak karya di dunia, mulai dari film sampai Anime Manga yang terinspirasi dari film The Raid ini. Apa saja karya-karya tersebut? Mari kita bahas bersama.

Film yang Terinspirasi dari Film The Raid

1. John Wick 3

Adegan John Wick 3 (2019)
Adegan John Wick 3 (2019)

Sudah menjadi rahasia umum bahwa beberapa adegan bertarung di film John Wick 3 terinspirasi dari film The Raid, terutama adegan pertarungan tangan kosongnya. Sutradara John Wick, Chad Stahelski, mengatakan bahwa John Wick 3 menjadi lebih “gila” dan sangat dipengaruhi oleh The Raid. Bahkan dua aktor film The Raid, Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman juga turut mendapatkan peran di film ini.

2. Extraction

Film Extraction (2020) - Chris Hemsworth
Film Extraction (2020) – Chris Hemsworth

Extraction dan The Raid memiliki beberapa kemiripan, mulai dari plot hingga beberapa adegan action-nya. Keduanya merupakan film yang dipenuhi dengan adegan aksi. Koreografi dari adegan-adegan di film Extraction, mirip dengan sejumlah aksi yang ditampilkan dalam ‘The Raid’. Sutradara Extraction, Sam Hargrave, mengakui ada pen garuh dari film buatan Gareth Evans itu yang ia terapkan.

3. Captain America: The Winter Soldier

Captain America: The Winter Soldier (2014)
Captain America: The Winter Soldier

Adegan perkelahian yang terjadi antara dua karakter utama, Captain America dan Bucky the Winter Soldier, nyatanya terinspirasi dari film The Raid. Hal itu diakui oleh sutradara Captain America, Joe dan Anthony Russo ketika melakukan wawancara dengan Comicvine. Mereka mengaku sangat menyukai film The Raid, terutama gaya bertarung kinetis yang disuguhkan yang sangat memberi pengaruh besar bagi cara kerja mereka.

TV Series yang Terinspirasi dari Film The Raid

Daredevil (Season 1)

Daredevil season 1
Daredevil season 1

Pengaruh film The Raid sangat luas di industri perfilman Hollywood. Sutradara serial Daredevil season 1, Steven DeKnight (via SlashFilm), mengungkapkan bahwa ia ingin agar adegan aksi dan pertarungan di film garapannya dapat lebih mirip film Jason Bourne dan The Raid, dimana tidak terlalu banyak menggunakan CGI. Pengaruh film The Raid terutama terlihat jelas dalam adegan lorong di akhir episode 2. Selain itu adegan dari episode 4 season ini pun dimulai ketika kerusuhan terjadi saat Murdock berkunjung, mengingatkan kita pada adegan kerusuhan di penjara yang sama brutalnya di The Raid 2.

Anime – Manga yang Terinspirasi dari Film The Raid

1. Jujutsu Kaisen

Adegan The Raid - Jujutsu Kaisen
Adegan The Raid vs Jujutsu Kaisen

Jujutsu Kaisen merupakan salah satu anime terbaik di tahun 2020, yang juga merupakan adaptasi manga karya Gege Akutami-sensei. Ada satu adegan yang menarik perhatian para penggemar, yaitu ketika adegan pertarungan Yuji vs Choso yang ditampilkan dalam arc Shibuya incident, tepatnya pada chapter 104. Sang penulis mengungkapkan di Jujutsu Kaisen Fanbook, bahwa ia terinspirasi dari salah satu adegan film The Raid 2, yaitu adegan di dapur antara aktor Iko Uwais dan Cecep Arif Rahman. Scene ini juga ditampilkan di adegan anime Jujutsu Kaisen season 2.

2. Chainsaw Man

Adegan Chainsaw Man - The Raid 2
Adegan Chainsaw Man vs The Raid 2

Selain Jujutse Kaisen, ada satu lagi manga yang memiliki adegan yang terinspirasi dari film The Raid, yaitu Chainsaw Man. Sang Penulis, Fujimoto-sensei, mengakui saat diwawancarai oleh KonoManga bahwa salah satu film action favoritnya adalah film The Raid. Ia mengungkapkan bahwa adegan pertarungan tangan kosong antara karakter nya, Yoshida dan Quanxi yang ada di Bab 62, terinspirasi dari adegan pertarungan di film The Raid 2.

Music Video yang Terinspirasi dari Film The Raid

Music Video New Tooth – Rich Brian

Rich Brian di MV New Tooth
Rich Brian di MV New Tooth

Rich Brian adalah rapper internasional asal Indonesia. Di salah satu music videonya, tepatnya yang berjudul “New Tooth”, terdapat adegan saat Brian beraksi menjadi anggota S.W.A.T yang kemudian berubah menjadi pebisnis kaya yang ingin balas dendam kepada agen ganda. Rich Brian mengaku terinspirasi dari film action polisi seperti The Raid. Ia sendirilah yang menyutradarai, menulis dan juga mengedit music video ini.  

Kesimpulan

Film The Raid telah menjadi film action terbaik dan telah menginspirasi banyak karya seni lainnya, mulai dari film, TV series, anime manga sampai music video. Karya-karya seni ini membuktikan bahwa film The Raid telah menjadi film yang sangat berpengaruh dan telah menginspirasi banyak orang untuk membuat karya seni yang lebih baik. Tentunya hal ini juga menimbulkan rasa bangga di hati masyarakat Indonesia.

Masih ragu untuk menonton film The Raid? Baca dulu sinopsisnya supaya makin yakin. Jangan lupa juga untuk share artikel ini di social media dan bagikan pendapatmu pada kolom komentar di bawah ya.

Sumber: Variety.com, Faroutmagazine.co.uk, Screenrat.com, tempo.co, vox.com, kotakgame.com, gorajuara.com, konomanga.jp, bandwagon.asia,

Meet Author

Tinggalkan komentar