Karakter Protagonis Wanita Dalam Film Action Indonesia Wiro Sableng: Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212

Home » Movies » Karakter Protagonis Wanita Dalam Film Action Indonesia Wiro Sableng: Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212

Film Pendekar Wiro Sableng 212 sudah membangun kerjasamanya dengan Fox Internasional Production yang mana merupakan salah satu rumah produksi ternama di Hollywood. Kehadiran karya film Wiro Sableng ini ditulis pertama kali sekitar tahun 1967-an oleh seorang penulis novel bernama Bastian Tito. Film Wiro Sableng 212 dikembangkan dari cerita rakyat Jawa yang disebut sebagai kisah nyata seorang anak bernama Wiro Saksono. Lalu di-remake untuk sebuah layar lebar pada tahun 2018. Wiro Saksono sebagai tokoh utama yang diperankan oleh Vino G Bastian ini tak lepas dari aksi  heroic-nya sebagai pendekar yang melawan penjahat yang berusaha merebut kekuasaan sang raja dan mengganggu rakyat sekitar.

Dalam perjalanannya selama bertarung, ia dibantu oleh empat tokoh wanita yang tak kalah hebatnya dalam bela diri, yaitu :

1. Sherina Munaf sebagai Anggini
2. Aghniny Haque sebagai Putri Rara Murni.
3. Ruth Marini sebagai Sinto Gendeng
4. Marsha Timothy sebagai Bidadari Angin Timur

Yuk kita bahas siapa saja karakter protagonis wanita dalam film action ini.

Anggini (Sherina Munaf)

Anggini (Sherina Munaf)
Karekter Anggini diperankan oleh Sherina Munaf

Film Wiro Sableng merupakan film layar lebar kedua yang dijalankan Sherina Munaf setelah fakum dari dunia akting selama 17 tahun. Yang mana film sebelumnya berjudul “Petualangan Sherina” pada tahun 2000. Wanita kelahiran 11 Juni 1990 ini mengaku sangat senang karena dianugerahi kepercayaan dari produser Wiro Sableng untuk mengambil peran Anggini. Sherina sempat ragu untuk mengambil tantangan ini dikarenakan sudah beralih karir di bidang musik. Namun, akhirnya Sherina memutuskan untuk ikut andil dalam film action ini sebagai Anggini, seorang pendekar yang merupakan murid Dewa Tuak. Senjata andalan Anggini adalah selendang sutra ungunya, “Memecah Angin Memukul Matahari Menghancurkan Rembulan”. Sherina mengatakan bahwa menurutnya selendang merupakan senjata yang paling tidak bisa diprediksi. Selendang itu kolaborasi fisik dan teknis karena ini selendangnya bisa memanjang.

Putri Rara Murni (Aghniny Haque)

Putri Rara Murni (Aghniny Haque)
Karekter Putri Rara Murni diperankan oleh Aghniny Haque

Selain Anggini, terdapat juga karakter Putri Rara Murni yang diperankan oleh seorang artis cantik yang memiliki background mantan atlet Taekwondo nasional, yakni Aghniny Haque. Seorang bangsawan yang lihai dalam bela diri ini, merupakan adik dari sang raja dalam film Wiro Sableng. Ia juga menjadi sahabat seperjalanan Wiro Sableng dan Anggini dalam melawan musuhnya. Meski berakhir tragis dalam tokoh ini, Rara Murni merupakan salah satu karakter kuat dalam film Wiro Sableng dalam melindungi kerajaan yang hendak diambil alih oleh tokoh penjahat yang mengkhianati sang raja. Karena di pertengahan cerita, ia mati dalam pertarungan untuk menyelamatkan keponakannya yang merupakan sang pangeran.

Sinto Gendeng (Ruth Marini)

Sinto Gendeng (Ruth Marini)
Karekter Sinto Gendeng diperankan oleh Ruth Marini

Sinto Gendeng merupakan sosok wanita tua yang mengajarkan segala jurus bela diri yang menjadi bekal Wiro Sableng dalam pertarungannya, diperankan oleh Ruth Marini. Ruth mendapatkan prestasi sebagai Aktris Monolog Terbaik Indonesia. Beliau juga mempunyai latar belakang seni teater. Sinto Weni atau Sinto Gendeng mewariskan ilmu yang ia ajarkan pada Wiro Sableng sejak kecil hingga dewasa untuk membalas perbuatan muridnya terdahulu yang menyalahgunakan kekuatan ilmu bela diri yang Sinto Gendeng ajarkan tersebut untuk merusak kehidupan masyarakat.

Bidadari Angin Timur (Marsha Timothy)

Bidadari Angin Timur (Marsha Timothy)
Karekter Bidadari Angin Timur diperankan oleh Marsha Timothy

Terakhir, Bidadari Angin Timur diperankan oleh Marsha Timothy, artis cantik dan berbakat yang sudah sering berkarir di industri film Indonesia. Karakter pendekar yang anggun menjadi sosok penyelamat penting Wiro Sableng saat nyaris dicelakai oleh musuhnya yaitu Mahesa Birawa. Bidadari ini hanya muncul di beberapa scene. Namun kehadirannya memberikan petunjuk dan nasihat penting dalam tindakan Wiro Sableng untuk menyelamatkan kehidupan masyarakat yang hendak dikuasai oleh tokoh penjahat.

Sumber Referensi:

  1. Kreativv.com – Wiro Sableng Diangkat Dari Novel Hingga Ke Film
  2. KapanLagi – 8 Fakta Wiro Sableng 212 Yang Wajib Kamu Tahu
  3. Wikipedia – Wiro Sableng
  4. Fimela.com – 5 Fakta Akting Sherina Munaf di Film Wiro Sableng
  5. Idntimes -10 Fakta Aghniny Haue Pemeran Putri Rara Murni Di Wiro Sableng
  6. Id.bookmyshow.com – Sejatinya 5 Pendekar Wanita Ini Membuat Perbedaan Di Film Wiro Sableng
  7. Antaranews.com – Ini Dia Pemeran Sinto Gendeng Di Wiro Sableng

Meet Author

Tinggalkan komentar