Gak Nyangka, Beberapa Film Tom Cruise Diangkat Dari Kisah Nyata Lho!

Home » Movies » Gak Nyangka, Beberapa Film Tom Cruise Diangkat Dari Kisah Nyata Lho!
Tom Cruise dalam film Born of The Fourth July
Tom Cruise dalam adegan film Born of The Fourth July

Aktor papan atas asal Inggris satu ini sering kita jumpai dilayar kaca memainkan film Hollywood dengan aksi yang tidak biasa dan memukau.  Kesuksesan yang diraih membuat karirnya cenderung stabil serta menjadi salah satu aktor dengan bayaran tertinggi di dunia. Ia pun sering memainkan film dengan genre action, tidak jarang pula film yang dimainkan oleh Tom Cruise diangkat dari kisah nyata.

Inspirasi seorang produser dalam membuat film tak hanya didasarkan pada kisah fiksi saja loh. Tak jarang kita jumpai banyak film yang juga didasarkan pada pengalaman hidup seseorang atau kisah nyata, baik itu kisah seorang tokoh, aksi kriminal, maupun peristiwa sejarah. Genre film action pun turut ikut andil dalam menghadirkan film yang diadaptasi dari kisah nyata. Umumnya genre ini mengangkat cerita sebuah peristiwa besar atau kisah seorang tokoh. Berikut daftar film Tom Cruise yang diangkat dari kisah nyata dan tidak boleh dilewatkan!

Born on The Fourth July (1989)

Sebuah adaptasi film yang menggambarkan kehidupan Ron Kovic (Tom Cruise) sebagai prajurit marinir Amerika Serikat dalam Perang Vietnam. Mengangkat cerita nyata dari biografi perjuangan Ron Kovic sebelum dan sesudah Perang Vietnam, seorang pemuda yang memiliki prospek masa depan cerah. Memiliki tekad untuk seperti ayahnya mengabdi kepada negara, Ron Kovic memiliki ekspektasi bahwa suatu saat ketika Ia pulang dari medan peperangan akan dianggap sebagai pahlawan oleh masyarakat. Sehingga selepas SMA Ia memutuskan untuk bergabung ke militer sebagai tentara perang.

Namun ternyata kehidupan yang Ia jalani setelah itu tidak seperti yang Ia bayangkan. Rangkaian teror perang yang terjadi di Vietnam membuat sebagian anggota tubuh Ron Kovic menjadi lumpuh sehingga Ia harus duduk di kursi roda. Sepulangnya dari medan perang, Ron Kovic tidak mendapat sambutan hangat dari negaranya, sebagian masyarakat tidak mengakuinya sebagai pahlawan negara. Sehingga kondisi mental yang Ia alami menjadi tidak stabil ditambah dengan fisiknya yang tidak lagi sempurna.

Melalui Born of The Fourth July Tom Cruise berhasil memukau para penonton dengan keberhasilannya memainkan peran sebagai Ron Kovic dalam menampilkan transisi karakter. Baik sebelum terjun ke medan perang maupun pasca perang Vietnam. Dalam film inipun Ia  berhasil meraih nominasi academy award pertamanya.

Valkyrie (2008)

Mengangkat latar tema cerita Jerman Nazi pada masa Perang Dunia II yang disutradarai oleh Bryan Singer. Mengisahkan tokoh utama pada peristiwa pemberontakan plot 20 Juli 1994 yang dilakukan oleh para perwira tentara Jerman dalam menyusun rencana untuk membunuh Adolf Hitler. Dalam film ini, Kolonel Claus von Stauffenberg yang diperankan oleh Tom Cruise sebelumnya merupakan tentara yang mengalami luka parah ketika sedang bertugas di Afrika, menyebabkan Ia harus kehilangan matanya.

Sehingga Ia dipindah tugaskan ke Kementrian Perang Jerman Nazi dan menjadi Kepala Staff German Reserve Army, dibawah pengawasan Jenderal Friedrich Fromm. Disana Ia bertemu dengan sejumlah perwira tinggi anti-Nazi yang menginginkan adanya reformasi terhadap pemerintahan.  Melihat tanah kelahirannya dibawah pemerintahan Hitler berubah menjadi sebuah negara yang ditakuti sekaligus dibenci banyak pihak, menjadi kesempatan bagi Stauffenberg untuk membuat sebuah misi bersama dengan para perwira anti-Nazi lainnya.

Stauffenberg memberikan ide yang diberi nama Operasi Valkyrie. Skema ini dilakukan ketika negara berada dalam kondisi gawat darurat sehingga pemerintahan harus diambil alih oleh tentara negara. Tujuannya untuk mengambil alih kontrol tentara negara dengan menangkap seluruh perwira Nazi atas tuduhan melakukan kudeta. Namun sebelumnya mereka harus membunuh sang pimpinan Nazi, Adolf Hitler agar Operasi Valkyrie dapat berjalan lancar. Film ini berusaha untuk mengungkap fakta-fakta dibalik peristiwa “Plot 20 July”

American Made (2017)

Bedasarkan kisah nyata, film yang dibintangi oleh Tom Cruise satu ini mengisahkan seorang pilot komersial biasa yang direkrut oleh CIA sebagai agen untuk menjalankan misi penerbangan khusus ke wilayah Amerika Tengah. Dengan latar waktu tahun 1980-an, Barry Seal yang diperankan oleh Tom Cruise melakukan pekerjaan sampingannya bertugas sebagai mata-mata udara. Ia diberikan tugas untuk mengambil gambar pada lokasi pemberontak di Amerika Tengah.

Setelah sukses dalam menjalankan misi tersebut Ia mendapat tugas lainnya dengan menjadi kurir informasi. Dalam misinya tersebut Ia bertemu dengan kelompok kartel narkoba terbesar di Kolombia, Medellin. Ia menjumpai Pablo Escobar, bos kartel Medellin dan menerima tawaran untuk membantu menyelundupkan narkoba ke Amerika Serikat. Mendapat tawaran  imbalan yang fantastis, lantas Barry menerima tawaran tersebut dan merencanakan rute penyelundupan. Ia pun juga mendapat tugas lain dengan menyelundupkan persenjataan illegal di wilayah Nikaragua.  

Selama bertahun-tahun Barry berhasil menjalankan bisnis gelapnya sebagai mata-mata CIA sekaligus kurir narkoba, bahkan Ia pun mampu membentuk tim khusus untuk menjalankan operasinya tersebut. Namun hal ini ternyata mengundang kecurigaan dari beberapa pihak, akhirnya dilakukanlah penyelidikan oleh FBI dan mereka berhasil menangkap Barry. Bukannya dipenjara oleh pemerintah, Barry justru mendapat tugas baru dengan menjadi mata-mata dan kurir informasi untuk menangkap bos kartel terbesar di Kolombia, Pablo Escobar.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa film Tom Cruise yang diangkat dari kisah nyata. Sebagai aktor dan produser ternama, kemampuan Tom Cruise sebagai aktor Hollywood tidak perlu diragukan lagi. Sejumlah film yang dibintanginya menjadi deretan film blockbuster. Ingin tahu lebih lanjut mengenai film Tom Cruise dengan penjualan terbanyak? baca artikelnya disini. Dari sejumlah film tersebut, manakah yang menurut kamu paling menarik? Share pendapat kamu dan ikuti terus BahasInMovie untuk artikel menarik seputar film lainnya, ya!

Sumber : Tribunnewswiki, Kompas, Wikipedia

Meet Author

Tinggalkan komentar