Deretan Film Action Indonesia dengan Aktor The Raid

Home » Movies » Deretan Film Action Indonesia dengan Aktor The Raid

Siapa yang nggak kenal dengan duologi “The Raid”, film aksi Indonesia yang digarap oleh Gareth Evans ini berhasil bikin banyak penontonya merasakan adrenalin geregetnya menjadi Rama (Iko Uwais) dalam situasi menegangkan untuk bisa bertahan hidup.

Film action yang banyak dianggap oleh para kritik perfilman sebagai “game changer” untuk ranah film action modern tersebut banyak meraih apresiasi dari kalangan movie expert dan dianggap telah membawa pengaruh signifikan ke perfilman action modern saat ini, mulai dari segi koreografi, sinematografi, hingga story telling. Mahakarya film action yang diperankan oleh para aktor Indonesia begitu memukau sehingga banyak penonton ketagihan dengan film yang disutradarai oleh sutradara asal Inggris tersebut.

Lalu muncul pertanyaan, apakah ada film action lain yang menyajikan sensasi adrenalin seperti The Raid dan diperankan oleh aktor yang sama?

Tentu saja ada!

Berikut ini adalah lima film action Indonesia terbaik dengan kehadiran para aktor dari film The Raid.

Julie Estelle, Dony Alamsyah, Iko Uwais, Joe Taslim, dan Very Yulisman
Kiri-kanan: Julie Estelle, Dony Alamsyah, Iko Uwais, Joe Taslim, dan Very Yulisman

Headshot (2016)

Film action Indonesia yang rilis pada tahun 2016 itu disutradarai oleh Timo Tjahyanto dan Kimo Stamboel (Mo Brothers). Film action ini mengisahkan tentang seorang pria misterius bernama Ishmael yang kehilangan ingatannya setelah ditemukan terluka parah pada bagian kepala.

Saat masa lalunya sebagai pembunuh bayaran kembali menghantuinya, Ishmael menggunakan kemampuan bela diri pencak silatnya untuk menghadapi musuh-musuhnya dengan kejam sambil mencari kebenaran atas apa yang terjadi pada dirinya dan masa lalunya.

Aktor-aktor dalam film ini termasuk Iko Uwais sebagai peran utama, Julie Estelle, Very Tri Yulisman yang ketiganya juga membintangi film The Raid. Tak kalah hebat, aktor film bela diri asal Singapura, Sunny Pang juga berperan dalam film Headshot sebagai antagonis utama. Kalau kamu menyukai film dengan action yang serupa dengan The Raid, maka Headshot adalah salah satu yang sangat mendekati dan patut untuk kamu tonton.

Merantau (2008)

Masih merupakan film yang disutradarai oleh Gareth Evans, otak cemerlang dibalik film The Raid. Film Merantau adalah film action pertama sekaligus awal mula debut karir Iko Uwais sebagai aktor laga yang membuat namanya semakin dikenal.

Film ini merupakan pertama kalinya kita sebagai penonton untuk dapat melihat keahlian bela diri pencak silat hebat yang dimiliki oleh Iko Uwais.

Terlebih film merantau ini memiliki kesan budaya indonesianya lebih kental dirasakan, di mana kita bisa melihat bagaimana Yuda (Iko Uwais) yang diceritakan sebagai seorang pendekar silat muda dari desa, meninggalkan kampung halamannya menuju Jakarta untuk merantau, yang merupakan sebuah tradisi dalam seni bela diri Minangkabau.

Di kota besar, Yuda kemudian bertemu dengan seorang wanita muda bernama Astri dan adiknya, yang menjadi korban perdagangan manusia. Yuda pun harus menggunakan keterampilan bela dirinya untuk melawan penjahat yang tekah mengganggu Astri dan adiknya.

Foxtrot Six (2019)

Film aksi Indonesia garapan sutradara Randy Korompis yang dirilis pada tahun 2019 ini mengisahkan tentang dunia yang terjerumus dalam kekacauan ekonomi global yang mengakibatkan kerusuhan sosial dan kehancuran ekonomi di Indonesia. Di tengah krisis ini, sekelompok pemberontak berusaha untuk memperbaiki keadaan dan membawa perubahan baik bagi masyarakat.

Dalam film ini, kita disuguhkan kehadiran aktor-aktor papan atas seperti Oka Antara dan Julie Estelle, yang sebelumnya bermain dalam film The Raid, serta aktor-aktor lainnya seperti Chicco Jerikho, Rio Dewanto, Arifin Putra, dan Verdi Solaiman.

Film ini merupakan paduan sempurna antara bakat akting para aktor tersebut yang menghadirkan performa luar biasa. Penonton dijamin akan terpukau dengan chemistry yang terjalin di antara mereka, menghasilkan film action yang menghibur dan tak terlupakan.

The Night Comes For Us (2018)

Bagaimana jadinya jika Iko Uwais yang kita kenal erat sebagai jagoan utama dari setiap film laganya, namun kini berubah menjadi karakter antagonis? Yap, di film The Night Comes For Us, Iko Uwais, jagoan utama The Raid kita ini berperan sebagai orang kejam yang haus kekuasaan dan ingin menjadi bagian dari Six Seas (sebuah organisasi kriminal terbesar di Asia).

Tak kalah asyiknya seperti The Raid, The Night Comes For Us juga menghadirkan kesan action seru yang serupa. Film ini disutradarai oleh Timo Tjahyanto (salah satu Mo Brothers) pada tahun 2018. Dengan menghadirkan beberapa aktor laga dari film The Raid lainya yakni, Joe Taslim, Jullie Estelle dan masih banyak aktor terkenal lainya, diantara lain ialah Sunny Pang, Zack Lee, Shareefa Daanish, Hannah Al Rashid, Dian Sastrowardoyo, Salvita Decorte, dan Abimana Aryasatya.

Serigala Terakhir (2022)

Film layar lebar legendaris ini menjadi perbincangan hangat di kalangan muda pada masa rilisnya di tahun 2009.

Setelah kesuksesannya sebagai film layar lebar dan besarnya minat kalangan muda atas film ini, Serigala Terakhir kemudian diadaptasi menjadi sebuah serial yang tersedia di Vidio.com.

Film seri Serigala Terakhir mengisahkan kisah Alex (Abimana Aryasatya) yang sebelumnya bertaubat dan berusaha menjadi pribadi yang baik demi keluarganya. Namun, banyak orang yang ingin mengajak Alex kembali ke dunia narkotika, menyebabkan dia menghadapi serangan dan ancaman yang tak terhitung jumlahnya.

Kini, melalui format serial, cerita Serigala Terakhir terus menggugah perasaan dan ketegangan yang menghadirkan pengalaman sinematik action yang tak kalah hebat. Adapun aktor film The Raid yang hadir dalam film ini ialah Dony Alamsyah, yang berperan sebagai kapten kepolisian anti narkotika.

Baca juga: Profil dan Biodata Gareth Evans, Sutradara Film The Raid

Meet Author

Tinggalkan komentar